Tips Menyimpan Daging di Kulkas Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

February 6, 2021 by No Comments

Biasanya pada hari raya qurban nih, stok daging akan sangat banyak sekali bahkan bisa bisa kalau kulkas anda kecil saking banyaknya tidak bisa menampung daging qurban yang anda terima apalagi di komplek anda tinggal mayortias orang disana rata rata qurban sendiri.

Bukan hanya untuk hari qurban sebenarnya, namun tips ini juga banyak digunakan oleh para pengusaha kuliner yang tentu saja bergerak dalam bidang kuliner penjualan masakan berbahan daging sapi misalkan seperti penjual sop iga, iga bakar, kemudian steak bahkan restoran dan hotel juga menggunakan cara ini dalam proses penyimpanan daging sehingga memang lebih awet dan tahan lama.

Ok sekarang kita langsung saja bahas bagaimana cara menyimpan daging di kulkas supaya lebih tahan lama dan tidak cepat busuk ? yuk ikuti panduan dibawah ini.

1. Simpan daging dalam kondisi alami

Menyimpan daging dalam kondisi alami ini sendiri maksudnya adalah, jika anda membeli daging di tempat pemotongan hewan maka jangan langsung dibersihkan ya namun untuk usia yang lebih panjang dan kualitas daging lebih baik dalam hal penyimpanan baiknya anda langsung masukan kedalam kulkas.

Daging yang dicuci kemudian dimasukan kedalam kulkas akan membawa kandungan air di dalam daging tersebut jadi inilah nanti yang akan membuat kualitas daging tidka bisa bertahan lebih lama.

2. Potong dengan ukuran sesuai kebutuhan anda

Kemudian yang tidak kalah penting juga adalah misalkan anda membuka usaha kuliner, atau untuk konsumsi sendiri maka cara ini sangatlah bagus.

Misalkan anda mendapatkan daging dengan ukuran yang cukup besar, kami sarankan potonglah kecil kecil sesuai dengan kebutuhan anda kemudian masukan kedalam pelastik kedap udara dan setelah itu masukan kedalam kulkas.

Tujuanya adalah anda tidak akan sering membuka bungkusan daging yang besarketika harus memasak, karena dalam kondisi daging besar kalau tidak dipotong anda akan berkali kali membuka, kemudian menunggu beberapa menit setelah keluar dari frizer kemudian di olah dan ini akan memakan waktu sekali.

3. Gunakan plastik yang kuat

Plastik sendiri dalam menyimpan daging haruslah lebih tebal dan kalau bisa kedap udara. Anda bisa membeli banyak sekali jenis plastik seperti ini yang khusus digunakan untuk menyimpan daging.

Atau kalau untuk konsumsi sendiri cukup gunakan plastik bening standar saja.

4. Simpan di Suhu -17 Derajat Celcius

Ini adalah aturan baku memang dalam proses penyimpanan daging supaya lebih awet direkomendasikan disimpan dengan suhu maksimal 17 derajat.

Kemudian tips lain, sebelum anda ingin memasak daging ini misalkan sore harinya maka siang hari anda bisa pindahkan ke bagian lemari es dengan suhu lebih rendah atau keluarkan dari bagian freezer.

Nantinya pas mau memasaknya maka keluarkan dan angin anginkan beberapa menit kemudian cuci kembali dan siap untuk dimasak. Jangan sesekali memasak daging dalam kondisi beku, karena ini adalah sebuah kesalahan fatal memang dan harus bunda hindari.