Stimulus Industri Otomotif Indonesia Turunya Harga PPnBM

July 23, 2021 by No Comments

Seperti yang kalian ketahui, pandemi corona berdampak hampir seluruh sektor. Tak terkecuali industri otomotif. Dikarenakan selama awal pandemi corona hingga sekarang perekonomian mengalami penurunan, maka dikhawatirkan daya beli masyarakat di sektor otomotif ikut turun.

Demi, mengantisipasi hal tersebut pada 31 Maret 2021 lalu menerapkan potongan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) untuk kendaraan mobil dan motor hingga 100%. Kebijakan ini sering disebut juga sebagai relaksasi PPnBM

Diharapkan, potongan pajak tersebut membuat masyarakat terdorong untuk membeli mobil baru. Sehingga, sektor industri otomotif tidak lesu. Tak main-main berkat relaksasi PPnBM tersebut harga mobil baru turun hingga belasan juta bahkan puluhan juta.

Salah satu mobil impian keluarga di Indonesia yakni Toyota Innova turut mendapat diskon ini. Hal ini dikarenakan diskon PPnBM diperluas hingga ke mobil berkapasitas 1501-2500 CC. Tak hanya mobil berpenggerak dua roda (4×2), namun juga mobil dengan 4 roda penggerak (4×4). Yang artinya, harga PPnBM Toyota Innova turun.

Tak hanya Toyota Innova, Toyota Fortuner pun ikut mendapatkan penurunan PPnBM ini. Perluasan ini diperoleh dari modifikasi potongan PPnBM sebelumnya pada Maret. Untuk diskon ini, diberikan hingga bulan Desember 2021 nanti. Tentu dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  1. Untuk kendaraan dengan kapasitas kurang dari 1500 CC pada bulan April hingga Mei mendapatkan diskon 100%. Kemudian untuk bulan Juni sampai Agustus mendapatkan diskon 50%. Dan mulai September hingga Desember mendapat diskon 25%.
  2. Untuk kendaraan dengan kapasitas 1500-2500 CC berpenggerak 2 roda (4×2) mendapatkan diskon 50% pada periode April hinggga Agustus. Dan 25% pada bulan September hingga Desember nanti.
  3. Untuk kendaraan dengan kapasitas 1500-2500 CC berpenggerak 4 roda (4×4) mendapat diskon sebesar 25% pada April hingga Agustus. Dan 12,5% pada bulan September hingga Desember.

Diskon pajak yang lumayan besar untuk mobil. Jika melihat data tersebut, Toyota Innova berada pada kelas kendaraan 4×2 dengan kapasitas 1500-2500 CC. Jadi, bagi Anda yang ingin membeli mobil Toyota Innova alangkah baiknya segera membeli sebelum bulan Agustus 2021. Agar mendapat potongan pajak yang cukup besar.

Bukan tidak mungkin harga PPnBM Toyota Innova turun hingga puluhan juta. Detail harga PPnBM Toyota Innova menurut masing-masing tipe bisa Anda lihat di sini. Mulai dari tipe terendah yakni Innova 2.0 G Manual Transmission (M/T) bensin yang berkisar Rp 321.000.000,- hingga tipe yang paling tinggi yakni Innova Venturer 2.4 Automatic Transmission (A/T) disel yang harganya berkisar Rp 469.306.500,-.

Jangan sampai ketinggalan untuk menikmati potongan ini. Jika Anda membeli mobil di tahun ini, berarti Anda telah ikut berpartisipasi dalam membangkitkan sektor industri otomotif di tanah air. Salah satu rekomendasi terbaik yakni Toyota Innova, apalagi PPnBM Toyota Innova turun.