Penyebab Terjadinya Flek Saat Hamil Muda Ini Penjelasannya

December 21, 2020 by No Comments

Dalam banyak kasus memang beberapa jenis kejadian baru mungkin saja akan membuat bunda panik, salah satunya adalah ketika ada noda bercak hitam, atau flek saat usia kehamilan baru beberapa  minggu atau bulan.

Timbulnya flek saat hamil sendiri merupakan sebuah kondisi atau kejadian umum alias normal yang memang tidak harus di khawatirkan dengan cara yang berlebihan. Umumnya flek akan terjadi dan bunda temukan pada usia kehamilan di trimester pertama dengan jumlah yang sedikit saja dan akan berlangsung sebentar.

Banyak yang mengatakan jika flek terjadi dikarenakan sudah melekatnya sel telur pada dinding rahmi dan akan mengalami sebuah proses pembuahan dan bisa juga karena adanya perubahan hormon.

Flek ini sendiri bisa ada dan bisa tidak, dan waktu terjadinya umumnya seminggu sebelum bunda mengalami mens. Atau bisa jadi seminggu atau dua minggu setelah proses terjadinya pembuahan jadi bunda tidak usah khawatir ya karena ini masih dalam kondisi normal saja.

Baik sekarang kita akan bahas lebih detail lagi kira kira apa sih penyebab flek ini, dan tentu saja bunda harus pahami karena ada juga kondisi flek yang memang harus membutuhkan penanganan serius.

Penyebab Terjadinya Flek

Pendarahan implantasi

Sebab yang pertama adalah karena terjadinya pendarahan implantasi, dimana kondisi ini masih berada pada batas normal. Flek akan muncul idealnya setelah 2 minggu pertama masa kehamilan. Hal ini karena sel telur yang sudah dibuhai berada pada lapirsan rahim.

Keguguran

Keguguran juga bisa menjadi timbulnya flek ini. Kejadian hampir sama waktunya dengan yang pertama, namun dari jumlah volume flek sendiri akan lebih banyak dan biasanya terjadi pada trimester awal kehamilan.

Dan tentu saja bunda harus rutin USG cek di dokter kandungan memang, karena bisa jadi tidak keguguran juga melainkan hanya pendarahan ringan saja.

Kehamilan ektopik

Apa itu kehamilan ektopik ? mungkin istilah ini aneh buat bunda, kehamilan ektopik merupakan sebuah kehamilan yang terjadi ketika embrio yang sudah dibuahi tapi tertanam di luar rahim yakni di lokasi yang bernama tuba falopi.

Ini tentu sangat berbahaya, dimana jika janin terus berkembang maka bisa jadi tuba falopi akan rusak dan bisa membahayakan nyawa bunda. Kejadian kehamilan ektopi ini memang langka sekali hanya 2% saja dari total jumlah angka kehamilan di Dunia.

Kehamilan mola

Sama saja dengan kehamilan ektopi, jenis kehamilan ini juga merupakan sebuah kejadian langka dan jarang terjadi. Ini kehamilan tidak normal, rahim yang harusnya di isi oleh janin tapi dalam kehamilan ini isinya bukan janin dan tentu saja sangat berbahaya.

Infeksi

Terjadinya infeksi pada vagina, kemudian adanya penyakit lain akan membuat pendaraah juga sebenarnya. Jadi banyak faktor yang harus bunda pahami dan jika terjadi terus menerus kami sarankan secepatnya konsultasi dengan dokter spesialias kandungan.