Manfaat Prebiotik Bagi Anak Dan Orang Dewasa Yang Kerap Diragukan

January 24, 2021 by No Comments

Jika anda kerap menemukan kata prebiotik dalam susu kemasan, maka anda tidak perlu khawatir. Prebiotik merupakan bakteri baik yang bertempat tinggal di sistem cerna manusia. Bakteri baik ini mampu melindungi sistem cerna manusia baik anak – anak maupun orang dewasa. Prebiotik dimiliki oleh tubuh, namun anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan prebiotik dalam menunjang kesehatan anda. Utamanya untuk kesehatan bayi dan anak – anak anda.

Sistem imunitas bayi hingga anak – anak cenderung rentan terhadap penyakit. Lebih rentan anak – anak untuk menderita penyakit yang disebabkan virus dan bakteri dibandingkan orang dewasa. Hal ini dikarenakan pada masa ini, imunitas tubuh anak – anak cenderung lemah. Sebab itu, diperlukan suatu nutrisi yang baik dalam menunjang imunitas tubuh anak. Susu yang kaya akan prebiotik mampu melakukan tugas tersebut.

Kandungan probiotik dalam segelas susu yang diberikan kepada anak – anak mampu memberikan imunitas yang baik dan juga melancarkan sistem cerna. Dimana prebiotik akan melindungi sistem cerna dari bakteri jahat yang kerap masuk melalui konsumsi makanan harian yang diberikan. Adanya bakteri baik yakni prebiotik akan mengurangi jumlah bakteri jahat sehingga sistem cerna dan imunitas tubuh menjadi baik.

Manfaat prebiotik cukup banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Terutama untuk bayi, manfaat prebiotik cukup banyak dirasakan. Pada bayi yang menyusu kepada ibu mereka, konsumsi prebiotik didapatkan dari ASI yang mereka konsumsi harian. Namun, pada anak yang sudah tidak lagi menyusu, prebiotik dapat ditemukan di produk susu maupun olahan susu dalam bentuk fermentasi seperti yogurt.

Untuk mengetahui manfaat prebiotik dalam memperkaya pengetahuan anda, maka anda dapat membaca manfaat prebiotik yang telah kami rangkum berikut ini :

1. Membentuk imunitas dalam tubuh anak

2. Melindungi sistem cerna anak

3. Mengurangi resiko diare dan gangguan pencernaan usus anak

4. Mampu mengurangi resiko alergi pada anak

5. Meningkatkan daya serap nutrisi dan makanan pada sistem cerna anak

6. Mengurangi resiko infeksi pernafasan karena bakteri melalui sistem pencernaan

7. Membantu mengurangi resiko intoleransi laktosa

Beberapa manfaat prebiotik yang disebutkan sangat penting dalam menjaga imunitas bayi. Dimana hal tersebut tidak dapat dicegah dengan konsumsi obat harian yang akan membuat bayi menjadi resisten pada obat dan tidak baik bagi pertumbuhan mereka. Pemberian makanan kaya akan prebiotik dapat menunjang imunitas bayi anda melalui ragam manfaat prebiotik yang telah disebutkan. Maka dari itu, pemberian ASI maupun susu formula secara rutin dapat membentuk imunitas dalam tubuh anak anda.

Bagi orang dewasa, konsumsi probiotik dapat dilakukan dengan mengonsumsi yogurt ataupun minuman kaya prebiotik lainnya. Dimana hal tersebut juga berguna dalam mendukung sistem imunitas dan daya cerna tubuh anda.

Jika anda masih ragu dengan produk yang mengandung probiotik, anda bisa mengunjungi Sahabat Nestle di https://sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/inspirasi-kesehatan/pilihan-lebih-sehat-dari-nestle-untuk-keluarga. untuk mendapatkan pilihan lebih sehat lainnya.