Macam-Macam Cara Untuk Mendapatkan Pangkat Perwira di Polri

November 6, 2020 by No Comments

Perwira merupakan pangkat polisi atau tentara yang berada di atas Bintara yang terdiri dari 3 golongan yaitu Perwira Pertama, Perwira Menengah, dan Perwira Tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Perwira merupakan pangkat yang dikhususkan kepada mereka yang memiliki kewenangan dan otoritas di kepolisian atau penegakan hukum, instansi militer, atau instansi berseragam lainnya dengan tugas dan tujuan agar dapat memberikan perintah operasional sebagai pimpinan kepada para anggotanya.

Tingkatan Perwira lebih tinggi dibandingkan Bintara serta memiliki tanggung jawab yang lebih legar misalnya seperti mendapatkan bayaran yang lebih ataupun komisi, sering mendapatkan banyak pelatihan non-militer seperti pendidikan sosial atau sains dan ijazah universitas.

Selain pelatihan yang berhubungan dengan spesialisasi dalam unit militer, Perwira juga mendapatkan pelatihan manajemen dan kepemimpinan. Beberapa Perwira di negara maju bahkan disyaratkan harus dan wajib memiliki gelar sarjana sebagai syarat untuk menjadi Perwira.

Cara Mendapatkan Pangkat Perwira di Polri

Beberapa macam cara untuk mendapatkan pangkat Perwira yaitu :

  1. Harus menyelesaikan pendidikan dan lulus melalui Akademi Kepolisian dan mendapatkan pangkat IPDA (Inspektur Polisi Dua).
  2. Seseorang dapat menjalankan pendidikan lanjutan di Setukpa (Sekolah Pembentukan Perwira) Polri apabila sudah menjadi anggota Polri dengan pangkat Bintara tertinggi yaitu AIPTU (Ajun Inspektur Polisi Satu.
  3. Mendaftarkan diri melalui Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana menjadi Perwira Sumber Sarjana namun harus sudah menyelesaikan pendidikan dan lulus kuliah menjadi sarjana dan mendapatkan gelar S1.

Golongan Pangkat Polisi Perwira di Kepolisian Negara Republik Indonesia

  1. Perwira Pertama (Pama)

Perwira Pertama merupakan golongan pangkat terendah yang terdiri dari Ajun Komisaris Polisi, Inspektur Satu, dan Inspektur Dua.

  1. Perwira Menengah (Pamen)

Perwira Menengah merupakan golongan antara Perwira Tinggi dan Perwira Pertama yang terdiri dari Komisaris Besar, Ajun Komisaris Besar, dan Komisaris.

  1. Perwira Tinggi (Pati)

Perwira Tinggi merupakan golongan pangkat polisi tertinggi yang ditandai dengan lambang bintang pada bagian pundak. Perwira Tinggi Polri terdiri dari empat pangkat yaitu Jenderal, Komisaris Jenderal, Inspektur Jenderal, dan Brigadir Jenderal.