Ini Dia Tips Memilih Susu Pengganti Makan Lansia

February 2, 2021 by No Comments

Memiliki lansia yang tidak memiliki nafsu makan yang baik sangatlah mengkhawatirkan. Hal ini karena lansia bisa saja kekurangan nutrisi yang berakibat pada menurunnya tingkat kesehatan lansia. Untuk itu, kamu perlu mencari cara agar kebutuhan nutrisi lansia tetap tercukupi. Salah satu caranya adalah dengan memberi susu pengganti makan untuk lansia.

Sayangnya, memilih susu pengganti makan khusus lansia tidaklah mudah. Hal ini karena ada berbagai merek susu yang berfungsi mengganti makan untuk lansia di pasaran.

Nah, lalu bagaimana cara untuk memilih susu pengganti makan yang diperuntukkan lansia? Penasaran? Yuk, langsung saja simak caranya di bawah ini ya.

4 Cara Memilih Susu Pengganti Makan Lansia

1. Pilih Varian Rasa Susu yang disukai Lansia

Salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih susu lansia untuk pengganti makan adalah varian rasa susunya. Ada berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih untuk lansia di rumah kamu, seperti coklat, vanilla, madu, dan bahkan ada yang tanpa rasa atau disebut dengan plain.

Dalam memilih varian rasa, sebaiknya sesuaikan dengan rasa yang menjadi kesukaan si lansia. Hal ini bertujuan agar lansia mau untuk mengonsumsi susu tersebut secara rutin.

2. Cek Kandungan Nutrisinya

Cara berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah kamu cek nutrisi atau gizi yang terkandung dalam susu yang akan kamu pilih. Di sini kamu harus cek nutrisi apa saja yang terkandung dalam susu tersebut. Selain itu, kamu harus tahu nih, apakah nutrisi tersebut cukup memenuhi nutrisi harian lansia.

Nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, protein, berbagai vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan lansia. Di samping itu, kamu juga perlu glukosa atau gula yang terkandung dalam susu. Jangan sampai susu lansia yang akan kamu pilih mengandung banyak gula. Bukannya menyehatkan malah menyebabkan lansia terkena diabetes.

3. Pilih Susu yang Cocok dengan Kondisi Tubuh Lansia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada berbagai macam merek serta varian rasa dari susu lansia. Di sini kamu harus pilih susu yang cocok untuk kondisi tubuh lansia. Diharapkan susu yang akan kamu pilih tidak menyebabkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan lansia, seperti diare.

Untuk itu, jika kamu baru pertama kali akan membeli susu lansia khusus pengganti makan, maka beli susu yang berukuran kecil. Hal ini dilakukan agar kamu tahu apakah susu tersebut cocok atau tidak untuk lansia.

4. Pertimbangkan Harga

Berikutnya, kamu perlu memperhatikan harga dari susu yang akan kamu pilih. Pilihlah harga susu di mana susu tersebut memang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk mengganti makan si lansia. Jadi, jika ingin lansia kesayangan kamu tetap sehat, maka jangan sayang soal harganya ya.

Itulah empat cara dalam memilih susu lansia yang digunakan sebagai pengganti makan. Semoga cara di atas bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari susu untuk orang tua yang sudah lanjut usia atau nenek serta kakek kamu.